Berikut Eight Cara Efektif Yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anak Agar Tetap Sehat Dan Putih Bersih Sejak Dini

Asam yang terdapat pada plak secara perlahan akan mengikis enamel gigi yang keras dan membuat lubang pada gigi. Kerusakan gigi yang tidak diobati akan memburuk dan dapat menyebabkan gigi tanggal. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kondisi gigi Si Kecil ke dokter gigi sejak dini. Saat bertemu dokter gigi, Bunda bisa berkonsultasi seputar kesehatan mulut dan gigi bayi, misalnya mengenai dampak kebiasaan mengisap jempol atau empeng terhadap kesehatan gigi dan mulut Si Kecil. Kalender kesehatan gigi membantu orangtua mengawasi kebersihan mulut anak.

Kedua, mengajari dan memastikan anak dapat menggosok giginya dengan cara yang benar pada waktu yang tepat yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Penelitian yang dilakukan seorang profesor biomaterials dari Universitas Oslo Norwegia membuktikan, gigi adalah satu-satunya organ tubuh yang tidak bisa regenerasi atau tumbuh kembali. Gerakan 1000guru adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bersifat nonprofit, nonpartisan, independen, dan terbuka. Semangat dari lembaga ini adalah “gerakan” atau “tindakan” bahwa semua orang, siapapun itu, bisa menjadi guru dengan berbagai bentuknya, serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. PIKIRAN RAKYAT – Gigi merupakan bagian dari tubuh kita yang membantu mengunyah dan mencerna makanan.

Ketika anak mulai tumbuh gigi dan selalu ingin memasukkan benda-benda ke mulutnya, mereka dapat mengambil peran yang lebih aktif dalam membersihkan gigi mereka dengan teether. Ini dapat digunakan selama waktu anak bermain dan juga dapat membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan saat mereka tumbuh gigi. Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan si kecil perlu diperhatikan cara-caranya ya Mom.

Fase perkembangan anak usia pra sekolah masih sangat tergantung pada orang dewasa dalam memelihara kesehatan mulutnya .Belum ada kesadaran anak dalam menjaga kebersihan mulut. Peranan orang tua dalam peningkatan derajat kesehatan anak sangat dibutuhkan terutama untuk menentukan keberhasilan kesehatan keluarga secara menyeluruh. Sejak lahir hingga usia tiga bulan, kesehatan mulut yang baik berkaitan dengan nutrisi.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

Di usia empat hingga enam bulan, besar kemukinan gigi anak Mums mulai tumbuh. Biasanya, bayi yang tumbuh giginya akan rewel dan mengalami peningkatan perilaku mengisap serta buang air besar. Agar anak tidak terlalu rewel, berikan waslap dingin untuk diisapnya. Ketika bayi berusia enam bulan, tanyakan pada dokter apakah anak Mums perlu diberikan perawatan fluorida secara teratur atau tidak. Jangan asal pilih sikat gigi untuk anak karena sikat gigi mereka tentunya berbeda dengan sikat gigi untuk orang dewasa. Sikat gigi semacam itu akan membantu menghilangkan plak dan partikel makanan dari gigi tanpa merusak enamel atau gusi anak.

Mencegah penyakit gigi dapat membuat kualitas hidup lebih sempurna, mencegah kita dari mengalami derita sakit gigi, sehingga kita tidak kehilangan banyak waktu, uang dan tenaga untuk berobat. Seperti dilansir dari Pepsodent, risiko anak mengalami gigi berlubang atau kerusakan lain pada gigi sangatlah tinggi. Hal ini dikarenakan kesadaran anak dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya yang masih rendah.

Hal tersebut bisa diterapkan pada anak berusia 2 sampai 3 tahun yang umumnya masih terbiasa minum melalui botol dot. Berikan mereka air putih dan jangan terlalu banyak memberikan minuman manis yang dapat menyebabkan pembusukan pada bagian gigi depan dan belakang. Sikat gigi saja belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Moms juga harus mengajarkan Si Kecil untuk flossing dan rinsing atau berkumur. Langkah penting lainnya untuk bayi di usia enam bulan ialah pengenalan cangkir untuk persiapan penyapihan dari botol susu atau payudara.